MARI BERSAMA SAMA MEMAJUKAN DUNIA PENDIDIKAN DENGAN BERBAGI INFORMASI YANG BERMANFAAT

THE JOURNEY
BANGKA ISLAND
 ( PULAU LASKAR PELANGI )

Bagi pemula yang akan mengadakan perjalanan ke pulau Bangka ada baiknya jika anda mennyempatkan diri untuk membaca tulisan ini>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Yang biasa naik pesawat terbang ini akan sedikit lebih mudah  sampai ke tujuan , nantinya anda akan di turunkan di Bandara Depati Amir di pangkal pinang, selanjutnya anda bisa melanjutkan perjalanan anda dengan menggunakan jasa travel sesuai tujuan anda. Banyak sekali tujuan wisata yang ditawarkan di pulau Bangka yang pasti keindahan pantai yang anggun nan exotic. Anda juga bisa mengunjugi situs : www.eljohn.co.id atau biasa juga googling dengan mengetik:  tempat wisata di Bangka Belitung.

Pada liburan semester tahun lalu, untuk yang pertama kalinya aku pergi ke pulau Bangka lebih tepatnya di Bangka nya, pada dasarnya pulau Bangka terpisah dengan pulau yang namanya Belitung, pada kesempatan ini aku ingin berbagi cerita mengenai perjalanan ku menuju pulau Bangka.

Perjalanan ku diawali dengan aku naik angkot warna kuning jurusan boom baru, sekitar setengah jam aku sampai di dermaga boom baru, seketika itu aku bilang stop, pada bapak supir dan aku diturunkan tepat di depan dermaga boom baru. Selanjutnya aku masuk dan memesan ticket langsung ke loket nya.

Pada saat itu ada 2 pilihan jetcoil yang akan aku tumpangi, ada sumber Bangka, Bangka ekspres, saranku ada lebih baik memilih jetcoil sumber Bangka karena kapalnya lebih besar, jam berangkatnya pun lebih awal di bandingkan dengan Bangka ekspress.
            Jangan lupa membeli tiket harus lebih awal dari jam berangkat kapal , karena aku berangkat siang jadi waktu itu  membeli tiket di loket jam 10,00 pagi dan brangkatnya kapal jam 12,30 siang. Ada hari hari hari khusus mengenai keberanngkatan kapal ke pulau Bangka agar lebih tahu silahkan anda menelpon terlebih dahulu ke nomor telpon penjualan  tiketnya.                  Yaitu  :  (0711) 713057.

pada saat di ruang tunggu sebelum keberangkatan

Ruang di dalam kapal sumber bangka

kapal mulai berangkat dan meninggalkan pelabuhan

Jam berangkat kapal pun tiba, aku mulai masuk kapal dan menunjukkan ticket kepada petugas lalu aku masuk ke dalam kapal dan mencari nomor tempat duduk, pada saat itu nomor tempat duduk ku adalah B 08.  Setelah itu kapal mulai menjauh dari dermaga dan menyusuri sungai musi, tampak jelas dai sisi jendela keindahan jembatan ampera walupun jauh tetap dengan megahnya, dan kapal terus berjalan hingga melewati pulau kemarau dengan manisnya pagoda tempat ibadahnya umat budha di Palembang, semakin lama kapal semakin jauh meninggalkan kota Palembang.

Yang sangat aku nantikan adalah pada saat kapal sudah berada di daerah upang jaya, kapal berjalan sedikit lebih lambat karena banyak sekali rumah rumah yang berada di pinggiran sungai, aku seketika menjalan ke belakang kapal itu melihat keadaan di luar>>>>>>>>>>>>>>>

Semua penumpang banyak yang keluar menyaksikan keunikan warga di upang jaya, yakni banyak anak anak yang memakai perahu kecil ada juga yang berenang menggunakan pelampung untuk mendekati kapal, yups…………….. banyak para penumpang yang memberikan sedikit uangnya kepada para anak anak upang jaya, dengan memasukkan uang kertas ke botol air minum dan kemudian di lemparkan, aku pun ikut ikutan melakkukan hal itu, disinilah hiburan begitu senang dan semangatnya anak anak untuk mengambil uang di dalam botol tadi,

Setelah asik dengan hiburan tadi aku mulai masuk kembali ke dalam kapal karena sudah menjauhi daerah upang jaya tadi, semakin lama semakin menjauh dan kapal melaju dengan kencang hingga tak terasa sampai di pertemuan antara sungai dan laut lepas, terliahat jelas sekali perbedaan antara air sungai dan air laut begitu indahnya pemandangan di laut lepas, lama lama daratan yang ada di sumatera selatan tak tampak oleh oleh mata yang ada hanya lautan biru dihiasi dengan pemandangan awal dilangit cerah, sungguh takjub aku menyaksikan itu, hanya bangga akan karya Tuhan yang telah menciptakan keindahan alam semesta tersebut,

Tak terasa pulau Bangka mulai terlihat, yups……. Semaikin dekat terlihat pasir putih menghiasi bibir pulau itu, kagum, spicles , tak mampu mengungkapkan dengan kata kata begitu senang dan gembira bisa menginjakkan kaki di pulau Bangka itu. Semakin rapat kapal yang ku tumpangi ke dermaga tempat akhir perjalanan lautku, aku sudah disambut dengan megahnya mercusuar peninggalan belanda di kala penjajahan dulu>>>>>>….

Begitu kagumnya aku akan ke megahan mercusuar itu kemudian aku bergegas, keluar dari kapal dan melewati jembatan penyebrangan dan menuju darat, disana aku sudah disambut oleh sahabat baik ku >>>>>>>>>>>>. Edi widya praja namanya , dari sahabatku ini lah aku tertarik untuk melihat keindahan pulau ini, kemudian aku cepat cepat memakai helm dan mengendarai sepeda motor sahabatku untuk menuju mercusuar

Kemudian aku lanjutkan berjalan jalan di pesisir pantai di muntok, dermaga akhir tadi, indanhya pasir putih, disertai deburan ombak dan angin sepoi sepoi menambah nyamannya jalan jalan ku di pesisir pantai di muntok ini.

Setelah puas jalan jalan di muntok, sahabatku sudah mengajak ku untuk melanjutkan perjalanan menuju rumahnya, sekitar 2 jam naik motor, jika anda ingin naik bus menuju panngkal pinang tinggal naik dari dermaga tadi dan duduk manis , lebih kurang membutuhkan waktu 4 jam sampai tujuan, tapi jangan kawatir anda akan disuguhi keindahan alam disepanjang perjalanan.
            Sesampainya di rumah sahabatkku tadi, istirahat sebentar lalu kami makan, waktu sudah agak sore kami lanjutkan main ke pantai dekat rumahnya, di daerah parit 3, >>>>>>>>>>>>>>>>>

Setelah itu kami pulang karena waktu sudah sore , dan kami lanjutkan jalan jalan kami esok harinya, pagi itu kami siap siap untuk kembali jalan jalan  ke pantai.
            Tak sengaja waktu mengunjungi pantai ini ada kegiatan syuting FTV dengan actor Ryan delon, q juga sempat terkagum , kali pertama bisa lihat kegiatan dan pengambilan adegan yang biasanya q liat di televisi.

Pada hari berikutnya kami melanjutkan perjalanan untuk melihat lihat kota pangkal pinang dan bagaimana keadaan kota itu. Makanan khas yang ada di Bangka adalah getas nya, yaitu sejenis kerupuk dari bahan ikan tenggiri dan jenis sea food lainnya.

ku sempatkan pula untuk mengunjungi Botanical Garden, sungguh indah nan mengagumkan semua orang terpana akan keindahan alamnya, >>>>>>>>>>>

Inilah cerita perjalanan ku ke pulau Bangka, 15 hari di kota pangkal pinang sungguh sangat puas, tetapi terasa singkat hingga waktu pulang ke Palembang sudah tiba,
            Aku kembali ke muntok untuk membeli ticket pulang ke Palembang, semoga di hari libur nanti aku bisa kembali kesana, masih banyak pantai yang belum sempat aku kunjungi dan ku nikmati, ( ini ceritaku )