MARI BERSAMA SAMA MEMAJUKAN DUNIA PENDIDIKAN DENGAN BERBAGI INFORMASI YANG BERMANFAAT

MEMBACA



MEMBUDAYAKAN MEMBACA 


Pada kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia pada pagi hari ini, saya melaksanakan belajar mengajar dengan memanfaatkan perpustakaan baru di Sekolahku, 

Rencana pembelajaran yang saya  buat ingin menekan kan pada belajar membaca memindai, menuliskan isi cerita, sekaligus menulis laporan hasil pengamatan.

Rencana yang saya buat ini ternyata menimbulkan rasa nyaman anak untuk melaksanakan hal tersebut, diawali dengan pembentukan kelompok sacara acak, dengan cara pengambilan nomor undian yang telah saya persiapkan.

Kelompok pun telah terbentuk dan kami mulai menuju perpustakaan, untuk melaksanakan 3 hal yang ingin dicapai yaitu : mengetahui cara belajar membaca memindai, menuliskan isi cerita, sekaligus menulis laporan hasil pengamatan.

Pekerjaan pun dimulai, masing masing kelompok mencari buku cerita yang akan diambil, kemudian saya melihat mereka membuka daftar isi, dan mulai memilih 1 cerita yang akan diambil, pelajaran yang telah mereka ambil yang pertama adalah belajar membaca memindai, seperti hal nya membaca jadwal perjalanan, misalkan : jadwal kereta api, pesawat, dll.

Saya rasa contoh membaca memindai yang telah mereka lakukan adalah sebagai contoh yang paling mudah, paling dekat dengan mereka, dan yang pasti pernah mereka alami.
Setelah mereka menemukan cerita yang akan  diambil, masing masing kelompok membaca bersama sama, dengan membaca dalam hati, kemudian mereka belajar, menuliskan kembali isi cerita dari bacaan yang mereka baca. Ini adalah point kedua pelajaran yang bisa mereka ambil, yakni belajar menyimpulkan isi cerita.

Selanjutnya yang mereka lakukan adalah belajar menuliskan laporan hasil pengamatan, dengan mengambil tempat di perpustakaan, yang seharusnya tempat umum yang diamati yaitu di rumah sakit, pelabuhan, puskesmas, dll.


Mungkin ini adalah tempat yang paling dekat dengan mereka, maka kami ganti tempat umum tersebut dengan perpustakaan yang ada disekolah kami, inilah tempat yang paling dekat dengan mereka sebagai tempat umum, meskipun tempat bagi orang banyak itu adalah teman teman dari kelas lain mereka sendiri.

Ini adalah rancangan yang saya buat, mungkin bagi rekan rekan pengajar yang dekat dengan tempat umum yang seharusnya. Bisa melakukan pengamatan langsung terhadap tempat umum tersebut.
Yang saya garis bawahi dari kegiatan yang saya inginkan adalah menimbulkan minat baca anak terhadap buku, dengan membaca, mereka akan mendapatkan hal hal baru.
Dimulai dengan membaca buku cerita yang penuh dengan pesan, dari situ mereka belajar, dari situ mereka akan berubah. Dan mendapat pembelajarn baru.
Sudah jelas bahwa dengan membaca akan membuka cakrawala dunia, masih banyak buku yang harus mereka baca, 

Semakin banyak jenis buku yang mereka baca, semakin banyak ilmu yang akan mereka dapat.

Dan jangan kaget jika anak didik  akan lebih tahu di banding kita. maka siapkan diri untuk menyiapkan segala keingin tahuan anak didik kita,

Sudah siapkah kita??????????????????? akan jawaban dari pertanyaan pertanyaan yang akan mereka tanyakan ????????????




3 komentar:

suwariahmad.blogspot.com mengatakan...

Blognya sudah bagus,tingkatkan terus kemampuanmu, coba tampilan slide dirubah masalah pendidikan pasti lebih keren,baris video juga masalah pendidikan, ditambah lagi menu horisontal jadi blog kita menjadi seperti website

SOKEP PUJIANTO, S.Pd mengatakan...

baik pak, semua yang saya lakukan dari proses belajar...>>>>>>>>>>>>.. mohon bimbingannya kalau masalah video pendidikan............
butuh banyak ilmu dari bapak yang ahrus saya kuasai...........
mohon bimbingannya...........

SOKEP PUJIANTO, S.Pd mengatakan...

mohon bimbingannya mengenai tampilan slide nya, pak.............heeeeeeeeeeee.
udah say alihat beberapa kali tampilan bolg bapak, kemudian saya terapkan di blog saya, tapi saya masih ada kendala mengenai pengalaman dan pengetahuan...........
mohon bimbingannya>>>>>>>>>>>>>>>>>

Posting Komentar

MONGGO TULIS KOMENTAR

Diberdayakan oleh Blogger.

ONLINE

Musik

# Pitbull - Give Me Everything
Get Free Music at www.divine-music.info
Get Free Music at www.divine-music.info

Free Music at divine-music.info
Read more: http://impoint.blogspot.com/2013/02/menambahkan-memasang-widget-musik-mp3-di-blog.html#ixzz2U8E1AOb8 Dilarang copy paste artikel tanpa menggunakan sumber link - DMCA Protected Follow us: @ravdania on Twitter | pemakan.worell on Facebook